iPhone dan iPad Bakal Punya Chip Khusus untuk Kecerdasan Buatan


Apple dilaporkan sedang mengembangkan sejenis chip baru yang bakal digunakan untuk perangkat iOS masa depan, seperti iPhone dan iPad, yang akan digunakan hanya untuk memproses kecerdasan buatan (AI), menurut Bloomberg yang dikutip Mashable hari ini.

Bloomberg mengatakan bahwa chip tersebut dijuluki Apple Neural Engine secara internal, dan dapat digunakan untuk "membongkar pengenalan wajah di aplikasi foto, beberapa bagian pengenalan ucapan, dan keyboard prediksi iPhone."

Dengan memindahkan pemrosesan AI ke chip khusus, masa pakai baterai di perangkat juga akan meningkat karena CPU dan GPU utama tidak akan mengunyah data sebanyak-banyaknya dan melahap banyak daya.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Apple berencana untuk mengintegrasikan chip tersebut ke dalam perangkatnya, namun tidak jelas kapan hal itu akan terjadi, dan perangkat iOS apa yang diluncurkan dengan chip itu pada tahun ini.

Rencana Apple terhadap chip AI seharusnya tidak mengejutkan siapa pun yang memperhatikan kompetisi. Hampir setiap perusahaan teknologi sedang mengerjakan peningkatan pemrosesan AI pada perangkat mobile.

Chip Snapdragon 835 Qualcomm terbaru, yang sudah ada di perangkat seperti Samsung Galaxy S8, memiliki modul khusus yang didedikasikan untuk memproses tugas AI.

Beberapa tahun lalu, Apple mulai merancang prosesor mobile sendiri untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi konsumsi daya, dan ini benar-benar terbayar. Meski memiliki lebih sedikit core, iPhone 7 masih mengalahkan Galaxy S8 terkait kinerja, menurut pengujian Geekbench. 

iPhone dan iPad juga dilengkapi dengan coprocessor gerak bermerek "M" yang dirancang Apple untuk mengumpulkan data sensor dari berbagai sensor yang disertakan (accelerometer, giroskop, kompas). Chip M ini yang membantu pelacakan data kesehatan dan kebugaran.

Selanjutnya, selain prosesor Intel utama di MacBook Pro yang baru, ada juga chip "T1" buatan Apple untuk menyalakan Touch Bar. Apple AirPod juga memiliki chip W1 custom yang membantu pairing ke perangkat iOS.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar