5 Aturan Memberi Susu Bayi Formula yang Benar untuk Cegah Infeksi


Pilih memberikan ASI atau susu formula pada bayi Anda? Jika Anda ingin bayi yang lebih sehat dan cerdas, ada baiknya memberikan ASI. Namun, ibu yang tidak memberikan ASI tidak selalu berarti ibu tersebut tidak ingin melakukannya. Ada beberapa kondisi yang membuat hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Bila Anda termasuk yang demikian, tak mengapa bila Anda memberikan susu bayi formula. Namun ingat, ada aturan pemberian susu formula yang benar yang sebaiknya diketahui oleh para ibu. Ini bertujuan agar buah hati Anda tidak mengalami infeksi atau masalah lain.

1. Jumlah dan Frekuensi Pemberian Susu Formula

Salah satu aturan pemberian susu formula yang harus Anda perhatikan adalah jumlah dan frekuensi pemberian susu formula tersebut. Biasanya, pemberian susu formula tidaklah sesering pemberian ASI. Ini juga dikarenakan ukuran lambung bayi yang masih kecil. Aturan pemberian yang tepat adalah pada hari-hari pertamanya hanya 60-90 ml sekali pemberian.

Jumlah ini diberikan 3 hingga 4 jam sekali. Lalu, untuk usia 1 bulan ke atas, 120 ml sekali pemberian dengan waktu 4 jam sekali. Untuk usia 6 bulan ke atas, pemberian susu adalah 180 hingga 240 ml sekali pemberian dengan frekuensi 4 hingga 5 jam sekali. Namun, Anda tak perlu terpaku pada jumlah ini, sebab kebutuhan setiap bayi umumnya berbeda-beda.

2. Selalu Jaga Kebersihan Botol Bayi

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan botol bayi. Anda harus membersihkan botol susu si bayi dengan benar untuk mengurangi paparan bakteri yang besar. Bukan hanya botol saja, melainkan dot dan tutup botol juga. Bersihkanlah dengan air hangat dan cuci dengan sabun sebelumnya.

3. Pilih Botol Susu Khusus Bayi

Jangan sembarangan dalam memilih botol susu untuk bayi karena bisa fatal akibatnya. Sebaiknya, Anda memilih botol bayi yang berlabel BPA-free. Selain itu, bisa juga memilih botol yang terbuat dari plastik polietilen dan polipropilen yang lebih aman dan cocok untuk bayi.

Sebaiknya, rebuslah botol susu bayi Anda sebelum memberikan susu dengannya. Namun jangan terlalu lama. Perebusan terlalu lama akan membuat pelepasan bahan kimia yang berasal dari plastik botol susu tersebut.

4. Perhatikan Cara Membuat Susu

Kebersihan adalah hal yang paling penting. Sebelum memberikan susu pada bayi Anda, sebaiknya cucilah tangan dengans abun. Setelah itu, ikutilah pentunjuk pemberian susu yang benar sesuai pada kemasan. Ikuti juga takaran yang harus diberikan. Jangan berlebih dan jangan kurang.

Pemberian susu dengan takaran berlebih namun airnya kurang akan membuat bayi sembelit. Sedangkan bila takarannya lebih sedikit, maka bayi Anda bisa mengalami kekurangan gizi. Selain itu, gunakanlah air yang bersih juga dalam membuatnya.

5. Perhatikan Cara Penyimpanan Susu

Sebaiknya, simpanlah susu formula buah hati Anda sebaik-baiknya. Simpanlah di tempat yang sejuk. Menyimpan di tempat yang terlalu panas atau dingin akan mengurangi nutrisi yang ada dalam susu. Jangan lupa juga untuk menutup kemasannya setelah membukanya. Udara yang masuk juga akan membuat susu cepat rusak.

Pemberian ASI pada bayi memang paling penting. Namun, bila tak bisa tak masalah bila Anda memberi susu bayi dengan susu formula. Tentu saja dengan aturan yang benar. Anda bisa membeli susu formula yang Anda butuhkan di Orami.co.id yang menyediakan segala merek susu terbaik serta peralatan bayi dengan kualitas terbaik pula.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar