Kerjasama Tepat dan Cermat Dengan Tukang Bangunan


Merenovasi atau membangun rumah tidak akan pernah lepas dari jasa tukang bangunan. Merekalah yang memberikan kontribusi terbesar pada pelaksanaan pembangunan atau renovasi pada rumah Anda. Bahkan, para tukang bangunan akan lebih sering Anda temui pada saat pelaksanaan pembangunan jika dibandingkan dengan arsitek atau pun kontraktor. Jadi tidak ada salahnya Anda lebih mengenal bagaimana skill kerja para tukang bangunan tersebut dan bekerja sama dengan mereka.

Menentukan siapa tukang bangunan yang tepat untuk mengerjakan proyek pembangunan atau pun renovasi rumah memang tidak bisa sembarangan. Anda harus mencari referensi yang tepat serta mengetahui tukang bangunan yang memeiliki skill berkualitas. Jangan hanya terpaku pada referensi “pernah dengar”, tapi Anda harus memastikan review dari hasil kerja tukang bangunana tersebut secara nyata. Sebaiknya Anda memilih jasa tukang bangunan yang sudah terbukti dengan hasil kerja yang baik. Anda bisa mendapakan review tersebut dari tetangga, teman atau mencari beberapa informasi tukang bangunan yang berkualitas melalui internet. Saat ini banyak penyedia jasa tukang bangunan online yang juga memeberikan jaminan hasil kerja yang memuaskan. Selain itu jangan lupa untuk mengetahui harga jasa tukang bangunan, sebagai bahan untuk menyusun Anggaran dana pembangunan. Kalkulasikan dengan cermat serta bandingakan beberapa referensi tersebut agar Anda mendapatkan jasa tukang bangunan yang tepat.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan tenaga tukang bangunan tersebut, maka sebaiknya Anda mengenali jenis keahlian para tukang. Ada tukang yang ahli menangani pembangunan dinding, ada juga yang ahli menangani masalah kayu. Selain itu ada juga tukang yang ahli menangani instalasi listrik dalam rumah, atau pun tukang yang ahli membuat taman dan desain outdoor. Dengan mengetahui keahlian sklill yang special dari para tukang bangunan tersebut maka diharapkan Anda bisa mendapatkan hasil yang bagus sesuai dengan keinginan Anda.

Bagaimanapun juga para tukang tersebut adalah pelaksana lapangan. Maka Anda perlu mengawasi (melakukan supervisi) terhadap hasil kerja mereka agar sesuai dengan target dan keinginan Anda. Jika Anda tidak bisa melakukan pengawasan secara langsung, maka Anda bisa menunjuk orang untuk mengawasi kinerja para tukang. Tetapkan jam kerja yang pasti, biasanya 8 jam sehari dimulai dari pukul 7 pagi dengan waktu istirahat 1 jam. Pastikan kinerja tukang bangunan optimal selama jam kerja mereka. Kemudian buatlah catatan kemajuan setiap harinya yang sudah dicapai, agar hasil renovasi atau pembangunan bisa diselesaikan tepat waktu.

Selama perjalanan renovasi atau pembangunan, sangat penting untuk membuat perencanaan yang matang. Buatlah rancangan desain bangun atau gunakanlah jasa arsitek untuk membuat gambar rancangan rumah tersebut beserta tiap detailnya. Jalin komunikasi yang baik dengan para tukang bangunan, karena mereka yang lebih mengerti tentang keadaaan di lapangan untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan bestek yang Anda inginkan. Jangan ragu-ragu untuk menanyakan kualitas bangunan, agar kuat dan tidak mudah rusak. Hal ini memerlukan perhitungan tersendiri, jangan sampai karena menginginkan suatu bentuk estetika tapi mengabaikan masalah kekuatan dan keamanan. Untuk kualitas bangunan terbaik, tentu Anda perlu berbelanja bahan bangunan yang terbaik. Anda bisa meminta pendapat tukang bangunan tersebut tentang bahan - bahan yang berkualitas. Bila perlu ajaklah tukang bangunan tersebut berbelanja bahan bangunan bersama Anda. Setidaknya agar Anda mendapatkan saran dari orang yang tepat tentang bahan bangunan serta peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunan maupun renovasi.

Demikianlah kerjasama tepat dan cermat dengan tukang bangunan agar renovasi mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar